SERVICE RULES IN THE BAR

    


SERVICE RULES IN THE BAR

 SERVICE RULES
( Aturan Tata Cara Pelayanan di Bar )
                                             By Darmantokoya

Sama seperti tuan rumah , bartender dan bar waiter mewakili citra atau image hotel  ,restaurant , atau perusahann di mana mereka bekerja. Mereka harus bisa memberikan kesan yang baik bagi para pelanggan  ,karena jika pelanggan puas  , nama perusahaan tempat mereka bekerja menjadi terangkat , jika itu terjadi operasional bar akan berjalan lancer dan pemasukan bagi perusahanpun akan meningkat

Untuk menunjang kualitas pelayanan bagi para tamu , bartender atau semua petugas di bar harus menguasai aturan tata cara pelayanan minuman atau service rules yang berlaku di bar

Ada tiga service rules yang berlaku di bar , atara lain :
1.       Aturan pelayanan minuman secara umum ( general service rules ) 
2.       Aturan pelayan minuman ke meja tamu ( service rule when serving beverage on the guests table    Aturan pelayan minuman di bar counter ( service rules when preparing and serving beverages on bar counter )

GENERAL SERVICE RULES
  • ·         Menyambut setiap tamu yang dating ke bar
  • ·         Jika bar dalam keadaan sibuk , berikan informasi kepada tamu yang baru dating untuk menunggu  sebentar dan akan di layani dengan segera
  • ·         Selalu mengingat minuman yang menjadia favorit tamu pelanggan , baik merek tertentu atau atau jenis campuran tertentu
  • ·         Saat berkomunikasi dengan tamu jadilah pendengar yang baik, dan bila perlu tingkatkan pembicaraan  dengan tamu agar tamu merasa betah
  • ·         Jangan mencuri dengar pembicaraan tamu ,atau ikut campur pembicaraan antar tamu dengan tamu kecuali memang di minta
  • ·         Saat berbicara gunakan nada yang sedang
  • ·         Jangn terlalu sok akrab dengan tamu dalam pembicaraan dengan tamu
  • ·         Jangan menguasai pembicaraan dengan tamu
  • ·         Selalu berusaha mengingat nama tamu
  • ·         Mendahulukan pelanggan wanita pada saat menyajikan minuman
  • ·         Jangan adu argument dengan tamu yang dalam keadaan mabuk dan membuat onar , apa bila ada tamu yang berbuat onar langsung laporkan dengan segera kepada atasan atau lapor pada keamannan setempat
  • ·         Bit farewell , ucapkan salam terima kasih pada semua tamu yang sedang meninggalkan bar

SERVICE RULES TO SERVE BEVERAGE ON THE GUESTS TABLE
·         Selalu menggunakan tray / baki dalam mengantarkan minuman dari bar ke meja tamu
·         Menyusun minuman di atas baki dengan meletakan gelas yang tinggi dan berat di tengah – tengah , sementara gelas yang pendek dan ringan di letakkan dibagian luar nampan, saat membawanya nampan di lekatkan dengan badan namun tidak menempel , untuk menjaga keseimbangan, gelas yang pendek dan ringan di sajikan terlebih dahulu
·         Pada saat menyajikan minuman kepada tamu , yakinkan para tamu tahu dan mendapatkn apa yang mereka pesan ,hal ini untuk mengindari insiden baju tamu kotor  dan basah di karena tumpahan  minuman untuk tamu di karenakan tamu menyenggol tray kit
·         Pada saat mengangkat gelas , pegang gelasa bagian bawah , atau jika gelas itu adalah gelas berkaki ,peganglah pada kaki gelas tersebut
·         Selalu menyajikan minuman dengan terlebih dahulu di alasi coaster
·         Tersenyumlah saat menyajikan minuman ke pada tamu , dan katakana pada tamu bahwa  “ ini adalah …( nama minuman )……….dan katakan bahwa kita akan selalu  siap membantu
·         Mengangkat segera ashtray yang sudah penuh dengan puntuk rokok ( di dalam ashtray maximal terdapat 3 batang rokok )
·         Membersihkan meja tamudi karenakan minuman tamu yang tumpah dengan menggunakn lap , dan bila perlu di akan di buatkan minuman yang baru
·         Jika tamu sudah meninggalkan bar , segera mungkin untuk membersihkan meja bekas dari tamu

SERVICE RULES TO PREPARE AND SERVICE BEVERAGE ON THE BAR
  • Berikut ini adalah langkah – langkah yang harus di perhatikan saat melayani tamudi barcounter bar
  • ·         Mengingat urutan tamu yang memesan minuman dan dahulukan tamu yang memesan lebih awal
  • ·         Selalu menggunakan coaster glass  , stirrer , straw pada saat menyajikan minuman
  • ·         Selalu menggunakan gelas yang telah didinginkan agar supaya kesegaran minuman bisa tetep di jaga
  • ·         Pada saat menuangkan minuman dari botol ke gelas saji , yakinkan tamu meliahat bahwa merk minuman sudh sesuai dengan merek yang telah di pesan oleh tamu
  • ·         Selalu mengembalikan botol  kedalam rak yang semula
  • ·         Menjaga agar semua bahan untuk garnish selalu segar dan bersih juga lengkap , garnish yang belum di pakai harus disimpan didalam bar caddy atau di dalam bar chiller agar tetep fresh
  • ·         Biarkan buah cherry dan olive tetap terendam di dalam botolnya agar tetep segar
  • ·         Apa bila ada gelas yang setengah kosong di bar counter atau di area bar yang lain ,usahakan selalu meyakinkan terlebih dahulu bahwa tamu tersebt memang sudah benar2 sudah pergi
  • ·         Tidak di benarkan untuk mengaduk minuman yang mengandung CO2 karena akan merusak minuman yang bersangkutan
  • ·         Apa bila seoarng bartender mengalami kesalahan dalam pembuatan minuman campuran , maka harus di ulang lagi
  • ·         Selalu menggunakan gelas dan garnish yang tepat sesuai dengan resep yang telah ada
  • ·         Apa bila ada salah satu ingrediant dari minuman campuran jangan pernah mengganti liqueur atao liquor yang akan di gunakan sebagai bahan minuman campuran tanpa sepengetahuan oleh tamu yang memesan minuman tersebut

Anda sedang belajar di BAR dan ingin garnish pada minuman mu lebih unik dan up date , silhkan klik di sini : 20 ide garnish http://lynk.id/jobmate/ezj82dwee9xq/checkout

WARNING !!!!

Solusi Lengkap untuk Manajemen Hotel Profesional

Apakah Anda seorang Profesional Perhotelan yang ingin memastikan operasional hotel berjalan efisien, terstruktur, dan menguntungkan?

         Apakah Anda seorang Mahasiswa Perhotel , Karyawan Perhotelan yang masih                 baru atau karyawan  magang di hotel

Saya, seorang General Manager hotel profesional dengan pengalaman lebih dari 25 tahun, telah mengumpulkan dan menyusun file eksklusif yang telah diterapkan di berbagai hotel ternama. Semua yang Anda butuhkan untuk menaikan karir dan menjalankan hotel dengan standar tertinggi

🔥 Apa yang Saya Tawarkan?

✅ SOP Lengkap untuk Semua Departemen (Front Office, Housekeeping, F&B,             Sales & Marketing, Engineering, dll.)

✅ Panduan Manajemen Hotel (Daily, Weekly, Monthly GM Assessment, Business         Plan, Budgeting, dll.)

✅ File Khusus Kapal Pesiar (F&B Service Workbook , Fine Dining Sequence of Service)

✅ Panduan Pre-Opening Hotel untuk investor dan hotelier profesional

          ✅ Template cara menhitung food cost ala carte atau buffet

          ✅Dan masih banyak lagi file - file yang membantu kamu untuk lebih bersinar                   di dalam karir mu sebagai Hotelier .

💡 Mengapa Harus Download File Ini?
🚀 Praktis & Langsung Bisa Diterapkan – Tidak perlu membuat SOP atau sistem dari nol !
🏆 Standar Profesional & Berbasis Pengalaman – Diterapkan di hotel-hotel ternama di Asia
⏳ Menghemat Waktu & Biaya – Hindari kesalahan operasional yang bisa merugikan bisnis Anda

🔗 Download Sekarang & Naikkan Standar Hotel Anda!
💾 Semua file tersedia di https://lynk.id/jobmate SILAHKAN Klik link nya dan dapatkan akses ke dokumen eksklusif yang akan membawa bisnis DAN KARIR Anda ke level berikutnya!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar