Walk in Guest
Pengertian dan Cara Mengatasi Tamu
Tanpa Reservasi di Hotel
Pada umumnya, sebuah Hotel
berkewajiban untuk menampung tamu. Alasan yang sah untuk menolak mengakomodasi
tamu dapat mencakup kurangnya ketersediaan kamar, perilaku tidak tertib calon
tamu, atau keengganan untuk membayar akomodasi atau layanan.
Siapa Walk In Guest ini?
Walk in Guest adalah tamu
atau pelanggan yang tiba di hotel tanpa melakukan reservasi terlebih dahulu.
Sebuah mimpi buruk klasik
bagi setiap wisatawan yang melakukan perjalanan jauh yang kemudian masuk ke
hotel dan menemukan bahwa hotel sudah terisi penuh.
Pada dasarnya hotel tidak
memiliki kewajiban untuk mengakomodasi tamu yang datang tanpa reservasi ketika
tidak ada kamar yang tersedia untuk malam itu.
Ketika hotel tidak dapat
mengakomodasi tamu yang datang, front desk agent dapat membuat situasi sedikit mudah
bagi tamu dengan menyarankan dan memberikan petunjuk arah ke hotel alternatif
terdekat.
Staf kantor depan bahkan
dapat menelepon hotel lain yang sejenis dan membantu tamu untuk membuat
reservasi.
Jika tampaknya tidak ada
alternatif untuk menolak tamu, manajer front desk agent harus menjelaskan
masalah tersebut di kantor pribadi.
Mendaftarkan satu tamu
untuk melihat tamu lain yang tidak dapat diakomodasi bisa sangat canggung dan
memalukan.
6 Langkah yang harus
dilakukan sebelum menerima Walk in Guest
1. Jika tamu Menyajikan surat
konfirmasi, verifikasi tanggal dan nama hotel; tamu mungkin tiba pada tanggal
yang berbeda atau di hotel yang salah.
2. Tanyakan kepada tamu apakah
reservasi dilakukan oleh orang lain, kemungkinan agen reservasi telah
memasukkan reservasi dengan nama pemesan/penelepon!
3. Verifikasi ulang reservasi
dengan mencari perangkat lunak hotel dengan nama belakang, nama depan, nomor
reservasi, pencarian nama sebagian, nomor ponsel, nama pemesan, perusahaan,
agen perjalanan, dll. Jika tamu telah memesan dari agen perjalanan, minta tamu
untuk hubungi agen perjalanan dan dapatkan detail pemesanan lebih lanjut.
4. Minta tamu untuk
mengkonfirmasi kembali tanggal kedatangan dan tanggal keberangkatan, tamu
mungkin datang pada tanggal yang berbeda atau mungkin saja tamu ini tidak hadir
pada malam sebelumnya.
5. Jika semua pemeriksaan di
atas dan memberikan hasil negatif maka setelah memeriksa ketersediaan kamar di
hotel agen meja depan dapat membuat reservasi baru. Saat reservasi dibuat untuk
tamu yang datang langsung, segmen sumber reservasi harus ditandai sebagai
‘Masuk’.
6. Ini juga merupakan praktik yang baik untuk mengumpulkan uang muka untuk sewa kamar lengkap dan perkiraan biaya tak terduga dari tamu Walk-in
Tidak ada komentar:
Posting Komentar