Status Kamar Hotel yang Paling Banyak Digunakan Lengkap dengan Keterangannya

 Status Kamar Hotel yang Paling Banyak Digunakan Lengkap dengan Keterangannya

 

Status Kamar Hotel -Banyak orang bilang, kerja di hotel itu enak ya? Pakai jas, dasi, handle orang-orang penting dan dapat komisi berupa Service Charge yang tinggi.

Memang mindset seperti itu masih melekat di pikiran masyarakat umum. Padahal ketika terjun langsung di dunia perhotelan, tidak seindah bayangan tersebut. 

Sama halnya bekerja di industri lain, ada banyak hal yang harus kita pelajari dan pahami sebelum terjun ke lapangan.

Mulai dari sistem, budaya kerja,dan khususnya di hotel yang paling penting untuk kita tahu di awal adalah kode status kamar yang ada di hotel.

Ini sangat penting karena status kamar ini akan berkaitan dengan tindakan apa yang akan di lakukan terhadap kamar tersebut.

Kode Status Kamar Hotel

Status kamar hotel adalah tanda yang dibuat oleh Room Attendant untuk menggambarkan keadaan kamar hotel yang sedang terjadi saat itu.

dan digunakan untuk memudahkan team operasional untuk mengidentifikasi tindakan apa yang harus diterapkan untuk kamar tersebut.

Status kamar ini akan muncul di property management system (PMS) dan bisa dilihat oleh semua team di hotel tersebut.

Berikut ini adalah beberapa status kamar yang umum kita temui ketika kita bertugas di hotel. Untuk kamu yang baru mempelajari tentang perhotelan, bisa catat ini ya:

Status Kamar Hotel:

1. VC = Vacant Clean

Kamar dalam keadaan kosong dan sudah bersih

2. VD = Vacant Dirty

Kamar dalam keadaan kosong tapi masih dalam keadaan kotor

3. Status kamar VR = Vacant Ready

Kamar sudah bersih dan siap untuk di jual

4. OC = Occupied Clean

Kamar sudah terisi tamu dan sudah dibersihkan oleh room attendantd

5. OD = Occupied Dirty

Kamar sudah terisi tamu tapi team room attendant belum membersihkannya

6. DND = Do Not Disturb / DD = Don’t Disturb

Tamu dalam kamar tersebut tidak ingin di ganggu. Kode status hotel ini ada juga yang menggunakannya DD saja.

7. OOS = Out of Service

Kamar dalam perbaikan

8. OOO = Out of Order

Kamar dalam perbaikan dan biasanya berlangsung lama. Kerusakan mungkin terjadi cukup serius untuk kamar ini dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Dalam kondisi OO biasanya akan mengurangi availability

9. EA = Expected Arrival

List nama-nama tamu yang akan check in dan sudah berisi nomor kamar

10. ED = Expected Departure

List nama-nama tamu yang akan check out di hari tersebut.

11. C/I = Check in

Tamu yang sudah tiba di hotel dan melengkapi semua administrasi sebelum masuk kamar

12. C/O = Check Out

Tamu yang sudah melunasi semua pembayaran dan sudah meninggalkan hotel

13. DU = Day Use

Istilah untuk tamu yang check in di satu kamar tapi akan check out di hari itu juga sebelum Night di jalankan

14. SO = Sleep out

Tamu yang sudah memesan kamar tapi tidak tidur di kamar tersebut (tamu tidak tidur di hotel).

15. COMP = Compliment

Tamu yang stay tapi tidak dikenakan biaya kamar (Free). Ini biasanya tamu-tamu dari media untuk kebutuhan marketing, tamu dari owner hotel atau keluarga owner.

16. WIG = Walk in guest

Kamar yang ditempati oleh tamu yang langsung datang ke hotel dan booking di hari itu juga. Dengan kata lain tanpa melakukan reservasi di awal.

17. VIP = Very Important Person

Artinya dalam kamar ini di isi oleh seseorang yang cukup penting atau fublic figure. Contohnya Pejabat, Artis, dan lain-lain.

Dibutuhkan pelayanan yang special juga untuk handle tamu yang ada di kamar dengan sign VIP.

18. HU = House Use

Istilah ini digunakan ketika status kamar yang ditempati oleh staf atau pegawai hotel. Bisa juga berarti : kode/status kamar hotel yang ditempati oleh general manager hotel.

19. Stay Over

Tamu telah memutuskan untuk tidak jadi Check out, dan akan stay paling tidak satu malam.

20. Cleaning in Progress

Room Attendant sedang dalam proses pembersihan kamar.

21. SO = Sleep Out

Status kamar hotel selanjutnya adalah Sleep Out. Artinya tamu hotel yang sudah memesan kamar dan menyelesaikan administrasi namun tidak tidur di kamarnya.

22. OQ = On Queue

Tamu telah tiba di hotel, tetapi kamar yang disediakan belum siap. Dalam kasus seperti itu, kamar ditempatkan pada status Antrian agar staf tata graha memprioritaskan kamar tersebut terlebih dahulu.

23. Skip = Skipper

Tamu telah meninggalkan hotel tanpa membuat pengaturan untuk melunasi akunnya.

24. LO = Lock Out

Kamar telah dikunci sehingga tamu tidak dapat masuk kembali sampai dia dibersihkan oleh petugas hotel.

25. DNCO = Did not Check Out

Tamu membuat pengaturan untuk melunasi tagihannya (dan dengan demikian bukan termasuk skipper), tetapi ia justru telah pergi tanpa memberi tahu Front Office.

26. DO = Due Out

Kamar diharapkan menjadi kosong setelah tamu berikut check-out.

27. LCo = Late Checkout

Tamu telah meminta dan diizinkan untuk check-out lebih lambat dari waktu keluar normal/standar hotel.

28. EC = Early Checkin

Tamu telah meminta untuk Check-in Awal dan diizinkan untuk check-in lebih awal dari waktu check-in normal/standar hotel.

29. V/C or O/V = Status Unclear

(Baik ruangan kosong dan bersih atau dihuni atau kosong) perlu diverifikasi oleh staf Housekeeping.

30. VCI = Vacant, Cleaned and Inspected

Kamar Kosong, Dibersihkan dan Diperiksa oleh Housekeeping Supervisor.

31. H/L = Heavy Luggage

Tamu membawa barang bawaan yang lebih berat dari kondisi normal.

32. L/L = Light Luggage

Tamu dengan bawang bawaan yang sangat ringan.

33. N/L = No Luggage

Tamu datang dengan tanpa membawa barang bawaan.

34. DL = Double Lock

Tamu telah meletakkan kunci ganda di kamar.

35. CL = Chain Lock

Tamu memasang kunci rantai di kamar hotel.

36. NCI = Newly Checked In

Kamar sudah di periksa dalam waktu 1-2 jam terakhir.

37. NS = No Show

Tamu yang melakukan reservasi kamar tetapi tidak melakukan registrasi atau Check-in.

38. SR = Service Refused

Istilah ini digunakan jika room attendant hendak membersihkan kamar, namun tamu menolak untuk dibersihkan kamarnya.

39. V = Vacant

Istilah ini menunjukkan status kamar sedang dalam keadaan kosong

40. MUR = Make-Up Room

Melakukan pekerjaan pembersihan kamar tamu setelah tamu chek-out maka dibersihkan kembali agar tamu yang baru datang untuk menginap lagi bisa beristirahat dengan tenang, nyaman dan aman.

41. PMR = Please Make up Room

Artinya, tamu meminta kamarnya dibersihkan

42. ONL = Occupeid no Luggage

Istilah atau status kamar hotel yang satu ini artinya seorang tamu yang masih teregister pada suatu kamar tanpa suatu barang apapun di dalamnya.

43. OOO = Out of Order

Beberapa kamar hotel masih dalam proses maintenance yang menyebabkan berkurangnya Room Availabilty.

44. DL = Double Lock

Tamu hotel meminta tambahan pengaman dobel, agar lebih aman.

45. O = Occupied

Status kamar hotel yang menunjukkan kamar ditempati oleh tamu yang sah dan telah teregister.

Itulah beberapa jenis sitilah dan kode status kamar hotel atau hotel room status yang secara umum sering digunakan dalam sebuah hotel.

Tentunya dengan tau istilah-istilah tersebut pihak housekeeping dan juga front office akan lebih gampang untuk berkoordinasi


WARNING !!!

SOP Front Office

Panduan Lengkap Untuk Menjadi Profesional di Hotel Berbintang 


🔥 Siap Berkarier di Dunia Perhotelan? ðŸ”¥

Bagi siswa sekolah perhotelan, karyawan magang, dan pekerja junior di Front Office, memahami SOP (Standar Operasional Prosedur) adalah kunci sukses untuk menjadi profesional di industri hotel. 

Kami telah menyiapkan E-book "Standar Operasional Prosedur (SOP) Front Office Operation" ini dirancang untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan keterampilan praktis agar dapat bekerja sesuai standar industri perhotelan.


📌 Apa yang Anda Dapatkan?
✅ Panduan lengkap tentang tugas dan tanggung jawab di Front Office
 Langkah-langkah operasional dari check-in hingga check-out
 Standar layanan tamu untuk menciptakan pengalaman mengesankan
 Checklist dan materi training untuk meningkatkan keterampilan kerja

💼 Untuk Siapa Panduan Ini?
 Siswa perhotelan yang ingin memahami operasional Front Office sebelum terjun ke dunia kerja
 Karyawan magang dan junior yang ingin bekerja lebih profesional dan siap bersaing
 Front Office Manager yang membutuhkan materi training untuk meningkatkan kualitas timnya


🚀 Upgrade Skill Anda, Tingkatkan Karier Anda!
Jangan biarkan kesempatan ini lewat begitu saja ! 

Dapatkan file PDF eksklusif ini dan kuasai standar profesional Front Office dengan klik http://lynk.id/jobmate/4rl1rdojy12y/checkout

Dengan SOP ini, Anda akan lebih siap menghadapi tantangan di industri hotel dan menjadi talenta yang dicari oleh perusahaan perhotelan.


SEGERA UP DATE PENGETAHUANMU

Silahkan check di sini http://lynk.id/jobmate/4rl1rdojy12y/checkout


🔹 Siapkan masa depan Anda sekarang! 

Dapatkan e-book ini dan jadilah profesional Front Office yang handal! 🔥


SELAMAT BELAJAR....

SUKSES BUKANLAH PEMBERIAN

SUKSES MU ADALAH DARI KERJA KERASMU....


Tanggung Jawab Harian Staff Reservasi Front Office

 


Tanggung Jawab Harian Staff Reservasi

Front Office

  • Harus mengetahui dan memiliki beberapa data akurat perihal waktu kehadiran dan keberangkatan tamu, kondisi kamar, dan sarana-fasilitasnya. Kelengkapan beberapa data itu akan memperlancar aktivitas servis pemesanan kamar, hingga memberi kenyamanan untuk tamu.
  • Harus memberi beberapa data akurat mengenai jumlah kamar yang kosong dan kamar yang berisi, ini untuk menghindari ada over booking. Over booking adalah pemesanan kamar yang melewati jumlah kamar yang ada.
  • Petugas reservasi harus mengetahui kamar yang ada di hari itu dan data yang akurat berkenaan status kamar hingga dapat segera memberi jawaban ke calon tamu.
  • Mengenali dan mengetahui type kamar dan harga setiap kamar. Ini dipakai sebagai dasar dalam mempromosikan beberapa jenis kamar ke calon tamu.
  • Menyiapkan formulir-formulir yang dibutuhkan dalam servis pemesanan kamar

Contoh Jobdesk Reservasi

  • Membaca ‘log book’
  • Log book adalah buku catatan yang berisi beberapa hal dan beberapa masalah yang membutuhkan tindak lanjut dari petugas shift sebelumnya ke petugas shift selanjutnya Catatan ini sebagai catatan penghubung dari shift yang satu ke shift yang lainnya. Buku itu berisi mengenai catatan tamu berpindah kamar, tamu tanpa barang bawaan, dan penyiapan yang masih belum usai yang membutuhkan tindak lanjut.
  • Menghitung persediaan kamar (daily forecast) untuk kamar yang telah terjual (hour in) atau kamar yang ada untuk dijual dan yang telah dipesan (room available).
  • Menyiapkan perlengkapan kerja, yaitu formulir pemesanan (reservation form) dan slip lainnya.
  • Menerima pemesanan kamar baik lewat telephone, e-mail, telex, atau channel penjualan lain
  • Mengisi formulir pemesanan 
  • Membuat slip pemesanan 
  • Mengupdate tabel pemesanan (reservation chart).
  • Menyiapkan segala hal sesuai pesanan tamu, diantaranya antar jemput tamu, tipe kamar, dan sarana lainnya

 

4.2. Channel Reservasi dan Peran OTA (Online Travel Agent)

Hanya ada 5 Aplikasi Booking Hotel Termurah dan Terbaik?

 

Memilih hotel memang tergolong susah-susah gampang. Mengapa demikian? sederhana saja, karena harga di setiap aplikasi Booking hotel tidaklah sama dan cenderung ada perang harga.

Hal ini tentu sedikit membuat para wisatawan yang hendak melakukan pemesanan kamar hotel sedikit bingung dan ragu.

Namun kini tak perlu khawatir, karena kami telah merangkum Aplikasi Booking yang paling murah dan tentunya punya standar kamar yang baik dan tinggi.

Cara Memilih Aplikasi Booking Hotel Termurah dan Terbaik

Ketika hendak memilih aplikasi booking hotel, ada baiknya kamu mempertimbangkan terlebih dahulu hal-hal berikut ini:

1. Rating dan Ulasan di Google Play

Trik cerdas untuk mengetahui kualitas aplikasi ya paling mudah melihat rating dan ulasan pengguna di Google Play.

Disana kamu dapat mengetahui banyak kekurangan-kekurangan tentang aplikasi tersebut. Seperti yang kita tahu, netizen Indonesia paling jago soal mengkritik.

2. Pertimbangkan Fitur dan Akomodasi

Entah itu staycation maupun berlibur (healing-healing), rasanya tak cukup jika hanya menggunakan aplikasi yang hanya menyediakan fitur pemesanan hotel saja.

Ada baiknya gunakan situs yang memberikan kemudahan lain seperti rental kendaraan.

3. Kemudahan Pembayaran

Meski saat ini dunia perhotelan memasuki era digital, namun faktanya tidak semua sistem pembayaran yang ada cocok dengan yang kamu gunakan.

Oleh karena itu, ada baiknya pilihlah aplikasi yang sistem pembayarannya paling cocok dengan milikmu.

Aplikasi Booking Hotel Termurah dan Terbaik

Penasaran dengan situs dan aplikasi booking hotel terbaik yang bisa kamu gunakan? Simak selengkapnya untuk dapat harga terbaik dan staycation yang sempurna.

1. Aplikasi Agoda


Saat ini rasanya tidak ada yang tak mengenal Agoda. Menjadi salah satu Aplikasi Booking Hotel termurah dan terbaik di Asia, Agoda layak menjadi pertimbangan nomor satu.

Hingga saat ini, hampir semua hotel di Indonesia telah mendaftarkan diri menjadi partner Agoda. Sehingga jangkauan hotel yang dapat dipesan melalui situs ini sudah sangat luas di Indonesia.

Kenyamanan, kemanan, dan jaminanan harga terbaik adalah moto yang digaungkan oleh Agoda.

Jadi soal kenyamanan dan akomodasi kamu tak perlu meragukannya lagi.

Tak terbatas pada hotel saja, kamu juga bisa memilih opsi long stay, atau tinggal di hotel dengan waktu yang cukup lama.

Untuk akomodasi seperti rental kendaraan, Agoda juga sudah menerapkannya. Jadi kamu yang hendak berlibur namun bingung dengan masalah kendaraan, kini tak perlu khawatir lagi.

2. Aplikasi Traveloka

Aplikasi booking hotel yang sempat booming di Indonesia adalah Traveloka. Disaat belum menjamurnya OTA ( Online Travel Agency) seperti saat ini, traveloka ibarat role model untuk melakukan pemesanan hotel dengan cara yang jauh lebih mudah dan efisien.

Hingga saat ini, Traveloka beradaptasi menjadi sebuah One Stop Solution yang menawarkan berbagai fitur yang sangat memudahkan traveller.

Mulai dari Hotel, Tiket Pesawat, Tiket Kereta, Rental Kendaraan, Hingga Traveloka Eats yaitu layanan pesan antar makanan.

Semua yang kamu butuhkan untuk traveling dapat diakses dengan satu aplikasi saja.

Apakah traveloka merupakan aplikasi booking hotel termurah dibanding yang lainnya? Jawabnya tergantung. Dalam beberapa kasus, Traveloka bisa saja lebih unggul, namun kadang kala masih terdapat selisih dibanding dengan OTA lainnya.

3. Aplikasi Pegipegi


Untuk kamu yang sering melakukan traveling dan staycation rasanya Pegipegi adalah pilihan yang tepat.

Mengapa demikian?

Di Pegipegi kamu akan mendapatkan poin reward (PePe Poi) setiap kali melakukan pemesanan melalui Aplikasi ini. Yang nantinya, poin reward dapat digunakan sebagai potongan harga pemesanan selanjutnya. 

Tak hanya itu, Pegipegi juga memberi garansi Best Price ketika kamu melakukan pemesanan hotel melalui aplikasinya. Jadi kamu tak perlu khawatir ada selisih harga dengan harga realnya.

Pembayaran Pegipegi juga sudah mendukung cicilan, sehingga kamu lebih mudah untuk mengatur budget perjalan agar lebih efisien.

4. Aplikasi Tiket.com


Masih belum yakin mana aplikasi booking hotel yang paling murah diantara keempat situs di atas?

Jika iya, maka kamu dapat coba membandingkan harga dengan Aplikasi yang satu ini.

Kamu dapat melakukan pemesanan Hotel, Villa, Resort, Pesawat hingga Kereta Api dengan Tiket.com.

Beragam kemudahan lain yang bisa kamu nikmati menggunakan Aplikasi Tiket.com antara lain:

  • Pilihan pembayaran yang sudah sangat lengkap, kamu tak perlu khawatir dengan opsi apapun bisa dilakukan. Termasuk cicilan.
  • Banyaknya promo spesial yang ditawarkan
  • Tiket Elite Rewards, seperti Pegipegi, kamu juga dapat mengumpulkan poin yang nantinya dapat ditukar sebagai potongan harga pada pemesanan berikutnya. 

5. Official Website


Tahukah kamu, harga terbaik dan termurah dari sebuah Hotel dapat kamu temui melalui Official Websitenya.

Meski tidak semua kasus demikian, namun beberapa hotel berbintang dan Hotel kelas dunia menawarkan best price melalui official websitenya.

Dari semua opsi harga termurah yang dapat dipilih, justru harga di Official Website yang paling murah.

Oleh karena itu, jika kamu hendak booking hotel, ada baiknya tak hanya mengandalkan aplikasi hotel murah saja. Namun, situs web hotel juga perlu kamu perhatikan dan menjadi bahan pertimbangan.

6. Aplikasi Pembanding Harga

Setiap Aplikasi OTA yang ada memang punya kelebihan dan kekurangan masing masing. Agar memudahkan kamu dalam memilih hotel dengan harga termurah, kamu dapat menggunakan aplikasi pembanding.

Berikut adalah beberapa aplikasi pembanding harga hotel yang dapat kamu gunakan saat ini.

1. Tripadvisor

2. Trivago

3. Kayak.id

4. HotelsCombined

Semua aplikasi di atas adalah situs situs untuk menemukan harga terbaik untuk sebuah hotel.

Jadi jangan heran jika di aplikasi tersebut kamu akan diarahkan untuk melakukan pemesanan hotel ke aplikasi OTA yang sudah kita bahas sebelumnya.

Sampai pada tahap ini, seharusnya kamu sudah memahami mana aplikasi booking hotel terbaik dan menawarkan harga termurah.

Meski kadang terdapat selisih harga, ada baiknya kamu memilih salah satu saja. Agar mendapatkan poin loyalitas yang nantinya dapat ditukarkan menjadi potongan harga lebih banyak

 

 

 

Mungkin diantara kalian banyak yang masih bingung mengenai perbedaan reservasi dan booking. Namun mulai detik ini tidak perlu bingung lagi.

Karena pada artikel ini kita akan membahasnya secara singkat dan mudah dipahami.

Booking dan Reservasi berasal dari Bahasa Inggris yang artinya melakukan pemesanan. Terhadap suatu jasa maupun layanan.

Diantara keduanya tidak ada perbedaan makna sama sekali. Dari sudut pandang arti kedua kata tersebut memiliki arti yang sama, begitu pula maknanya. Bahkan dalam kamu Bahasa Inggris, keduany adalah sinonym.

Namun hanya ada perbedaan tipis yang jelaskan oleh para Native speaker.

Letak perbedaannya adalah tempat penggunaan kata tersebut.

  • Booking: Digunakan untuk melakukan pemesanan suatu layanan di depan. Misal: Booking tiket pesawat, Booking tiket nonton konser. Masih berhubungan dengan tiket pasti pakainya booking.
  • Reservasi: Digunakan untuk melakukan pemesanan layanan yang bersifat lebih privasi dan biasanya terkait dengan industry hospitality. Misal, reservasi kamar hotel, reservasi restoran fine dinning, reservasi resort.

Demikianlan penjelasan singakt mengenai perbedaan booking dan reservasi.


WARNING !!!

SOP Front Office

Panduan Lengkap Untuk Menjadi Profesional di Hotel Berbintang 


🔥 Siap Berkarier di Dunia Perhotelan? ðŸ”¥

Bagi siswa sekolah perhotelan, karyawan magang, dan pekerja junior di Front Office, memahami SOP (Standar Operasional Prosedur) adalah kunci sukses untuk menjadi profesional di industri hotel. 

Kami telah menyiapkan E-book "Standar Operasional Prosedur (SOP) Front Office Operation" ini dirancang untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan keterampilan praktis agar dapat bekerja sesuai standar industri perhotelan.


📌 Apa yang Anda Dapatkan?
✅ Panduan lengkap tentang tugas dan tanggung jawab di Front Office
 Langkah-langkah operasional dari check-in hingga check-out
 Standar layanan tamu untuk menciptakan pengalaman mengesankan
 Checklist dan materi training untuk meningkatkan keterampilan kerja

💼 Untuk Siapa Panduan Ini?
 Siswa perhotelan yang ingin memahami operasional Front Office sebelum terjun ke dunia kerja
 Karyawan magang dan junior yang ingin bekerja lebih profesional dan siap bersaing
 Front Office Manager yang membutuhkan materi training untuk meningkatkan kualitas timnya


🚀 Upgrade Skill Anda, Tingkatkan Karier Anda!
Jangan biarkan kesempatan ini lewat begitu saja ! 

Dapatkan file PDF eksklusif ini dan kuasai standar profesional Front Office dengan klik http://lynk.id/jobmate/4rl1rdojy12y/checkout

Dengan SOP ini, Anda akan lebih siap menghadapi tantangan di industri hotel dan menjadi talenta yang dicari oleh perusahaan perhotelan.


SEGERA UP DATE PENGETAHUANMU

Silahkan check di sini http://lynk.id/jobmate/4rl1rdojy12y/checkout


🔹 Siapkan masa depan Anda sekarang! 

Dapatkan e-book ini dan jadilah profesional Front Office yang handal! 🔥


SELAMAT BELAJAR....

SUKSES BUKANLAH PEMBERIAN

SUKSES MU ADALAH DARI KERJA KERASMU....