Tanggung Jawab Harian Staff Reservasi Front Office

 


Tanggung Jawab Harian Staff Reservasi

Front Office

  • Harus mengetahui dan memiliki beberapa data akurat perihal waktu kehadiran dan keberangkatan tamu, kondisi kamar, dan sarana-fasilitasnya. Kelengkapan beberapa data itu akan memperlancar aktivitas servis pemesanan kamar, hingga memberi kenyamanan untuk tamu.
  • Harus memberi beberapa data akurat mengenai jumlah kamar yang kosong dan kamar yang berisi, ini untuk menghindari ada over booking. Over booking adalah pemesanan kamar yang melewati jumlah kamar yang ada.
  • Petugas reservasi harus mengetahui kamar yang ada di hari itu dan data yang akurat berkenaan status kamar hingga dapat segera memberi jawaban ke calon tamu.
  • Mengenali dan mengetahui type kamar dan harga setiap kamar. Ini dipakai sebagai dasar dalam mempromosikan beberapa jenis kamar ke calon tamu.
  • Menyiapkan formulir-formulir yang dibutuhkan dalam servis pemesanan kamar

Contoh Jobdesk Reservasi

  • Membaca ‘log book’
  • Log book adalah buku catatan yang berisi beberapa hal dan beberapa masalah yang membutuhkan tindak lanjut dari petugas shift sebelumnya ke petugas shift selanjutnya Catatan ini sebagai catatan penghubung dari shift yang satu ke shift yang lainnya. Buku itu berisi mengenai catatan tamu berpindah kamar, tamu tanpa barang bawaan, dan penyiapan yang masih belum usai yang membutuhkan tindak lanjut.
  • Menghitung persediaan kamar (daily forecast) untuk kamar yang telah terjual (hour in) atau kamar yang ada untuk dijual dan yang telah dipesan (room available).
  • Menyiapkan perlengkapan kerja, yaitu formulir pemesanan (reservation form) dan slip lainnya.
  • Menerima pemesanan kamar baik lewat telephone, e-mail, telex, atau channel penjualan lain
  • Mengisi formulir pemesanan 
  • Membuat slip pemesanan 
  • Mengupdate tabel pemesanan (reservation chart).
  • Menyiapkan segala hal sesuai pesanan tamu, diantaranya antar jemput tamu, tipe kamar, dan sarana lainnya

 

4.2. Channel Reservasi dan Peran OTA (Online Travel Agent)

Hanya ada 5 Aplikasi Booking Hotel Termurah dan Terbaik?

 

Memilih hotel memang tergolong susah-susah gampang. Mengapa demikian? sederhana saja, karena harga di setiap aplikasi Booking hotel tidaklah sama dan cenderung ada perang harga.

Hal ini tentu sedikit membuat para wisatawan yang hendak melakukan pemesanan kamar hotel sedikit bingung dan ragu.

Namun kini tak perlu khawatir, karena kami telah merangkum Aplikasi Booking yang paling murah dan tentunya punya standar kamar yang baik dan tinggi.

Cara Memilih Aplikasi Booking Hotel Termurah dan Terbaik

Ketika hendak memilih aplikasi booking hotel, ada baiknya kamu mempertimbangkan terlebih dahulu hal-hal berikut ini:

1. Rating dan Ulasan di Google Play

Trik cerdas untuk mengetahui kualitas aplikasi ya paling mudah melihat rating dan ulasan pengguna di Google Play.

Disana kamu dapat mengetahui banyak kekurangan-kekurangan tentang aplikasi tersebut. Seperti yang kita tahu, netizen Indonesia paling jago soal mengkritik.

2. Pertimbangkan Fitur dan Akomodasi

Entah itu staycation maupun berlibur (healing-healing), rasanya tak cukup jika hanya menggunakan aplikasi yang hanya menyediakan fitur pemesanan hotel saja.

Ada baiknya gunakan situs yang memberikan kemudahan lain seperti rental kendaraan.

3. Kemudahan Pembayaran

Meski saat ini dunia perhotelan memasuki era digital, namun faktanya tidak semua sistem pembayaran yang ada cocok dengan yang kamu gunakan.

Oleh karena itu, ada baiknya pilihlah aplikasi yang sistem pembayarannya paling cocok dengan milikmu.

Aplikasi Booking Hotel Termurah dan Terbaik

Penasaran dengan situs dan aplikasi booking hotel terbaik yang bisa kamu gunakan? Simak selengkapnya untuk dapat harga terbaik dan staycation yang sempurna.

1. Aplikasi Agoda


Saat ini rasanya tidak ada yang tak mengenal Agoda. Menjadi salah satu Aplikasi Booking Hotel termurah dan terbaik di Asia, Agoda layak menjadi pertimbangan nomor satu.

Hingga saat ini, hampir semua hotel di Indonesia telah mendaftarkan diri menjadi partner Agoda. Sehingga jangkauan hotel yang dapat dipesan melalui situs ini sudah sangat luas di Indonesia.

Kenyamanan, kemanan, dan jaminanan harga terbaik adalah moto yang digaungkan oleh Agoda.

Jadi soal kenyamanan dan akomodasi kamu tak perlu meragukannya lagi.

Tak terbatas pada hotel saja, kamu juga bisa memilih opsi long stay, atau tinggal di hotel dengan waktu yang cukup lama.

Untuk akomodasi seperti rental kendaraan, Agoda juga sudah menerapkannya. Jadi kamu yang hendak berlibur namun bingung dengan masalah kendaraan, kini tak perlu khawatir lagi.

2. Aplikasi Traveloka

Aplikasi booking hotel yang sempat booming di Indonesia adalah Traveloka. Disaat belum menjamurnya OTA ( Online Travel Agency) seperti saat ini, traveloka ibarat role model untuk melakukan pemesanan hotel dengan cara yang jauh lebih mudah dan efisien.

Hingga saat ini, Traveloka beradaptasi menjadi sebuah One Stop Solution yang menawarkan berbagai fitur yang sangat memudahkan traveller.

Mulai dari Hotel, Tiket Pesawat, Tiket Kereta, Rental Kendaraan, Hingga Traveloka Eats yaitu layanan pesan antar makanan.

Semua yang kamu butuhkan untuk traveling dapat diakses dengan satu aplikasi saja.

Apakah traveloka merupakan aplikasi booking hotel termurah dibanding yang lainnya? Jawabnya tergantung. Dalam beberapa kasus, Traveloka bisa saja lebih unggul, namun kadang kala masih terdapat selisih dibanding dengan OTA lainnya.

3. Aplikasi Pegipegi


Untuk kamu yang sering melakukan traveling dan staycation rasanya Pegipegi adalah pilihan yang tepat.

Mengapa demikian?

Di Pegipegi kamu akan mendapatkan poin reward (PePe Poi) setiap kali melakukan pemesanan melalui Aplikasi ini. Yang nantinya, poin reward dapat digunakan sebagai potongan harga pemesanan selanjutnya. 

Tak hanya itu, Pegipegi juga memberi garansi Best Price ketika kamu melakukan pemesanan hotel melalui aplikasinya. Jadi kamu tak perlu khawatir ada selisih harga dengan harga realnya.

Pembayaran Pegipegi juga sudah mendukung cicilan, sehingga kamu lebih mudah untuk mengatur budget perjalan agar lebih efisien.

4. Aplikasi Tiket.com


Masih belum yakin mana aplikasi booking hotel yang paling murah diantara keempat situs di atas?

Jika iya, maka kamu dapat coba membandingkan harga dengan Aplikasi yang satu ini.

Kamu dapat melakukan pemesanan Hotel, Villa, Resort, Pesawat hingga Kereta Api dengan Tiket.com.

Beragam kemudahan lain yang bisa kamu nikmati menggunakan Aplikasi Tiket.com antara lain:

  • Pilihan pembayaran yang sudah sangat lengkap, kamu tak perlu khawatir dengan opsi apapun bisa dilakukan. Termasuk cicilan.
  • Banyaknya promo spesial yang ditawarkan
  • Tiket Elite Rewards, seperti Pegipegi, kamu juga dapat mengumpulkan poin yang nantinya dapat ditukar sebagai potongan harga pada pemesanan berikutnya. 

5. Official Website


Tahukah kamu, harga terbaik dan termurah dari sebuah Hotel dapat kamu temui melalui Official Websitenya.

Meski tidak semua kasus demikian, namun beberapa hotel berbintang dan Hotel kelas dunia menawarkan best price melalui official websitenya.

Dari semua opsi harga termurah yang dapat dipilih, justru harga di Official Website yang paling murah.

Oleh karena itu, jika kamu hendak booking hotel, ada baiknya tak hanya mengandalkan aplikasi hotel murah saja. Namun, situs web hotel juga perlu kamu perhatikan dan menjadi bahan pertimbangan.

6. Aplikasi Pembanding Harga

Setiap Aplikasi OTA yang ada memang punya kelebihan dan kekurangan masing masing. Agar memudahkan kamu dalam memilih hotel dengan harga termurah, kamu dapat menggunakan aplikasi pembanding.

Berikut adalah beberapa aplikasi pembanding harga hotel yang dapat kamu gunakan saat ini.

1. Tripadvisor

2. Trivago

3. Kayak.id

4. HotelsCombined

Semua aplikasi di atas adalah situs situs untuk menemukan harga terbaik untuk sebuah hotel.

Jadi jangan heran jika di aplikasi tersebut kamu akan diarahkan untuk melakukan pemesanan hotel ke aplikasi OTA yang sudah kita bahas sebelumnya.

Sampai pada tahap ini, seharusnya kamu sudah memahami mana aplikasi booking hotel terbaik dan menawarkan harga termurah.

Meski kadang terdapat selisih harga, ada baiknya kamu memilih salah satu saja. Agar mendapatkan poin loyalitas yang nantinya dapat ditukarkan menjadi potongan harga lebih banyak

 

 

 

Mungkin diantara kalian banyak yang masih bingung mengenai perbedaan reservasi dan booking. Namun mulai detik ini tidak perlu bingung lagi.

Karena pada artikel ini kita akan membahasnya secara singkat dan mudah dipahami.

Booking dan Reservasi berasal dari Bahasa Inggris yang artinya melakukan pemesanan. Terhadap suatu jasa maupun layanan.

Diantara keduanya tidak ada perbedaan makna sama sekali. Dari sudut pandang arti kedua kata tersebut memiliki arti yang sama, begitu pula maknanya. Bahkan dalam kamu Bahasa Inggris, keduany adalah sinonym.

Namun hanya ada perbedaan tipis yang jelaskan oleh para Native speaker.

Letak perbedaannya adalah tempat penggunaan kata tersebut.

  • Booking: Digunakan untuk melakukan pemesanan suatu layanan di depan. Misal: Booking tiket pesawat, Booking tiket nonton konser. Masih berhubungan dengan tiket pasti pakainya booking.
  • Reservasi: Digunakan untuk melakukan pemesanan layanan yang bersifat lebih privasi dan biasanya terkait dengan industry hospitality. Misal, reservasi kamar hotel, reservasi restoran fine dinning, reservasi resort.

Demikianlan penjelasan singakt mengenai perbedaan booking dan reservasi.


WARNING !!!

SOP Front Office

Panduan Lengkap Untuk Menjadi Profesional di Hotel Berbintang 


🔥 Siap Berkarier di Dunia Perhotelan? ðŸ”¥

Bagi siswa sekolah perhotelan, karyawan magang, dan pekerja junior di Front Office, memahami SOP (Standar Operasional Prosedur) adalah kunci sukses untuk menjadi profesional di industri hotel. 

Kami telah menyiapkan E-book "Standar Operasional Prosedur (SOP) Front Office Operation" ini dirancang untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan keterampilan praktis agar dapat bekerja sesuai standar industri perhotelan.


📌 Apa yang Anda Dapatkan?
✅ Panduan lengkap tentang tugas dan tanggung jawab di Front Office
 Langkah-langkah operasional dari check-in hingga check-out
 Standar layanan tamu untuk menciptakan pengalaman mengesankan
 Checklist dan materi training untuk meningkatkan keterampilan kerja

💼 Untuk Siapa Panduan Ini?
 Siswa perhotelan yang ingin memahami operasional Front Office sebelum terjun ke dunia kerja
 Karyawan magang dan junior yang ingin bekerja lebih profesional dan siap bersaing
 Front Office Manager yang membutuhkan materi training untuk meningkatkan kualitas timnya


🚀 Upgrade Skill Anda, Tingkatkan Karier Anda!
Jangan biarkan kesempatan ini lewat begitu saja ! 

Dapatkan file PDF eksklusif ini dan kuasai standar profesional Front Office dengan klik http://lynk.id/jobmate/4rl1rdojy12y/checkout

Dengan SOP ini, Anda akan lebih siap menghadapi tantangan di industri hotel dan menjadi talenta yang dicari oleh perusahaan perhotelan.


SEGERA UP DATE PENGETAHUANMU

Silahkan check di sini http://lynk.id/jobmate/4rl1rdojy12y/checkout


🔹 Siapkan masa depan Anda sekarang! 

Dapatkan e-book ini dan jadilah profesional Front Office yang handal! 🔥


SELAMAT BELAJAR....

SUKSES BUKANLAH PEMBERIAN

SUKSES MU ADALAH DARI KERJA KERASMU....


SISTEM RESERVASI DAN TEKNOLOGI FRONT OFFICE

 

SISTEM RESERVASI DAN TEKNOLOGI FRONT OFFICE 

4.1. Reservasi

Reservasi adalah kegiatan yang dilakukan oleh tamu dalam rangka memesan sebuah kamar atau akomodasi disebuah properti.

Bagian pemesanan kamar sebagai bagian yang mempunyai peranan yang cukup penting, ini karena tinggi rendahnya tingkat hunian kamar sangatlah ditentukan oleh kemampuan sisi reservasi dalam menangani pemesanan kamar di hotel. 

Seorang petugas reservasi harus mempunyai kemampuan mengenai beberapa dasar reservasi, produk dan layanan yang dipasarkan, bagaimana menjualnya atau tehnik jual, dan pemakaian tehnologi komunikasi.

Arti Reservasi Adalah

Reservasi adalah sebuah kata yang berawal dari bahasa Inggris yakni to reserve yang berarti menyiapkan atau menyediakan tempat saat sebelum kita menikmati apa yang yang kita pesan atau sedang kita perlukan. 

Pemesanan kamar (room reservation) untuk hotel adalah suatu pemesanan kamar yang dilaksanakan beberapa waktu sebelumnya, yang didapat berbagai sumber dengan berbagai langkah pemesanan untuk memastikan jika tamu mendapatkan kamar pada waktu check in.

Dengan data reservasi inilah biasanya pihak hotel bisa mengetahui identitas tamu yang akan datang dan biasanya digunakan juga untuk mengetahui kira-kira tingkat hunian kamar dalam periode tertentu.

Klasifikasi Reservasi

Berdasarkan klasifikasinya, reservasi dibedakan atas 3 pembagian yaitu :

1. Reservasi Perseorangan (Individu Reservation)

Individu reservasi adalah pemesanan kamar untuk seorang calon tamu, pasangan, atau sebuah keluarga.

Reservasi ini umumnya dilaksanakan sendiri oleh calon tamu atau oleh agen. Harga yang diberi adalah harga biasa atau harga paket.

2. Reservasi Kelompok/Tur (Grup/Tur Reservation)

Grup/Tur reservasi adalah pemesanan kamar yang biasanya dibuat oleh agen atau agen perjalanan untuk beberapa konsumennya.

Pesanan dibuar untuk tamu yang tiba berombongan. Sering harga yang diberi ialah harga potongan harga karena jumlah kamar yang dipesan cukup banyak. 

3. Reservasi Pertemuan (Konferensi Reservation).

Konferensi reservasi adalah pemesanan kamar untuk sebuah kelompok yang akan melakukan meeting atau pertemuan di hotel.

Reservasi ini biasanya dibuat oleh sebuah organisasi, perusahaan atau satu asosiasi. Harga yang diberi untuk reservasi pertemuan ialah harga komersial.

Jenis-Jenis Reservasi

 

1. Online Reservation

Perkembangan tehnologi sekarang ini menyebabkan metode reservasi mengalami perubahan kearah metode reservasi online.

Reservasi Online dapat dijangkau oleh siapa saja dan dimana saja mereka ada yang mempunyai koneksi internet.

Hanya dengan terhubung web bisa lakukan pemesanan kamar di hotel. Ini lebih menolong hotel dalam memasarkan produk dan menjual kamarnya.

2. Offline Reservation

Sistem reservasi yang memakai pengiriman reservasi langsung ke hotel dengan media reservasi seperti telephone, fax, e-mail, dan walk in.

Sumber- Sumber Reservasi

Sumber reservasi adalah darimana reservasi itu berasal. Biasanya sumber reservasi busa dikategorikan sebagai berikut :

Company (perusahaan)

Perusahaan merupakan salah satu sumber pemesanan kamar/ reservasi  adalah perusahaan swasta, perusahaan asing, perusahaan gabungan (joint venture) serta perusahaan Negara.

Reservasi melalui jalur ini umumnya mempunyai langganan tetap di tiap daerah tujuan wisata, bahkan mempunyai harga tertentu sesuai kesepakatan awal.

Travel Agent

Travel Agent sebagai satu badan usaha yang beroperasi di sektor layanan jasa. Mereka memberi servis berbentuk informasi ke beberapa calon pelancong yang akan melakukan perjalanan liburan.

Travel Agent mempunyai peran penting sebagai mitra sebuah hotel dalam usaha menaikkan tingkat hunian kamar. 

Tidak hanya pemberian informasi, travel agent juga membantu dalam soal pemesanan kamar hotel. Pemesanan kamar lewat travel agent dikelompokkan jadi dua yakni :

  • FIT (Free Independent Traveller) atau orang yang melakukan perjalanan secara individu, tidak bersama kelompok.
  • GIT (Grup Inclusive Tour) atau beberapa orang yang melangsungkan perjalanan pada suatu group. Umumnya dalam GIT sudah termaksud paket perjalanan.

Dari jenisnya pun travel agent dibagi lagi menjadi online dan offline travel agent.

Government (Pemerintahan)

Pemerintahan merupakan sumber pendatang tamu yang cukup banyak memberikan kontribusi, karena dari pemerintah seringkali melaksanakan perjalanan dinas dan memiliki sumber yang begitu banyak seperti BUMN, departemen-departemen dan pemda.

Perseorangan

Perseorangan ialah sumber pemesanan kamar yang mempunyai sifat bebas, siapa pun bisa melakukan pemesanan. Pemesanan kamar ini dapat dilaksanakan dengan bermacam cara dimulai dari telephone, e-mail, fax, dan lain-lain. Pemesanan kamar jenis ini membantu hotel dalam kenaikan revenue karena harga yang lebih mahal daripada harga (contract rate) ke travel agent lain.

Booking Engine ( Website )

Website merupakan salah satu sumber booking yang saat ini sedang trend. Para calon tamu bisa langsung melakukan reservasi di website dengan bantuan booking engine untuk lebih menggampangkan proses reservasi tersebut. Biasanya harga relatif lebih murah karena harga net dari hotel.

Kategori Reservasi

Selain sumber, dari sisi kategori reservasi juga dibedakan dalam 4 kategori seperti berikut :

 

Confirmed Reservation

Confirmed reservasi adalah pemesanan kamar yang telah disepakati oleh pihak hotel dengan bukti berbentuk confirmation letter yang dikirim ke tamu yang bersangkutan. Confirmation letter ini harus dibawa oleh tamu di saat cek in sebagai bukti untuk mendapatkan kamar.

Guaranteed Reservation

Guaranteed reservasi adalah pemesanan kamar yang telah ditanggung oleh tamu yang berkaitan, pembatalan berlaku sampai cek in time, jika tamu tidak tiba dan tidak memberi kabar, karena itu kepada yang bersangkutan dikenai no-show charge sepanjang satu malam.

Advanced Payment Reservation

Advance payment reservation adalah pemesanan kamar yang dilaksanakan beberapa saat awalnya, yang mana tamu telah bayar uang muka (advance deposit).

Waiting List Reservation

Waiting list reservation adalah pemesanan kamar yang mana hotel tidak menjamin tamu mendapatkan kamar di saat cek in. Bobot pemesanan kamar ini terendah antara kelompok pemesanan kamar lainnya.

WARNING !!!

SOP Front Office

Panduan Lengkap Untuk Menjadi Profesional di Hotel Berbintang 


🔥 Siap Berkarier di Dunia Perhotelan? ðŸ”¥

Bagi siswa sekolah perhotelan, karyawan magang, dan pekerja junior di Front Office, memahami SOP (Standar Operasional Prosedur) adalah kunci sukses untuk menjadi profesional di industri hotel. 

Kami telah menyiapkan E-book "Standar Operasional Prosedur (SOP) Front Office Operation" ini dirancang untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan keterampilan praktis agar dapat bekerja sesuai standar industri perhotelan.


📌 Apa yang Anda Dapatkan?
✅ Panduan lengkap tentang tugas dan tanggung jawab di Front Office
 Langkah-langkah operasional dari check-in hingga check-out
 Standar layanan tamu untuk menciptakan pengalaman mengesankan
 Checklist dan materi training untuk meningkatkan keterampilan kerja

💼 Untuk Siapa Panduan Ini?
 Siswa perhotelan yang ingin memahami operasional Front Office sebelum terjun ke dunia kerja
 Karyawan magang dan junior yang ingin bekerja lebih profesional dan siap bersaing
 Front Office Manager yang membutuhkan materi training untuk meningkatkan kualitas timnya


🚀 Upgrade Skill Anda, Tingkatkan Karier Anda!
Jangan biarkan kesempatan ini lewat begitu saja ! 

Dapatkan file PDF eksklusif ini dan kuasai standar profesional Front Office dengan klik http://lynk.id/jobmate/4rl1rdojy12y/checkout

Dengan SOP ini, Anda akan lebih siap menghadapi tantangan di industri hotel dan menjadi talenta yang dicari oleh perusahaan perhotelan.


SEGERA UP DATE PENGETAHUANMU

Silahkan check di sini http://lynk.id/jobmate/4rl1rdojy12y/checkout


🔹 Siapkan masa depan Anda sekarang! 

Dapatkan e-book ini dan jadilah profesional Front Office yang handal! 🔥


SELAMAT BELAJAR....

SUKSES BUKANLAH PEMBERIAN

SUKSES MU ADALAH DARI KERJA KERASMU....