Pengertian dan Jenis- Jenis Amenities Hotel

 

Pengertian dan Jenis- Jenis

 Amenities Hotel 

Amenities adalah bagian penting dari fasilitas kamar yang tidak boleh diabaikan.

Lengkap atau tidaknya amenities yang tersedia akan menunjukan sesuai atau tidaknya sebuah hotel masuk di kategory bintang 3, 4 bahkan 5 sekalipun. 

Percaya atau tidak, calon tamu sebuah hotel sesaat sebelum melakukan reservasi amenities adalah hal yang paling sering di tanyakan oleh mereka. Karena hal ini akan mempengaruhi kepraktisan dalam menghinap di hotel nantinya.

Lalu apa sebenarnya amenities ini?

Pengertian Amenities

Amenities adalah bagian dari fasilitas yang ada di kamar hotel dan sengaja disediakan dengan tujuan agar tamu betah ketika mereka menginap di sebuah hotel.

Selama kita familiar dan sering menemukan benda-benda seperti sabun, shampoo, sisir, sikat gigi dan lain-lain dikamar, nah inilah beberapa contoh dari amenities tersebut.

Tapi sekali lagi itu hanya beberapa contoh saja, segala macam elektronik seperti televisi, AC, ketel listrik,mini bar dan lain-lain itu juga merupakan amenities.

Benda-benda inilah yang di harapkan memberikan pengalaman yang berkesan untuk tamu yang menginap.

Tentunya dengan memberikan kesan yang baik melalui amenities, tingkat kepuasan mereka akan fasilitas dan pelayan sebuah hotel akan meningkat.

Kenapa Amenities ini penting?

Saat ini banyak sekali hotel-hotel baru bermunculan dengan strategi – strategi yang mumpuni. Seperti yang kita bahas di awal, amenties ini adalah salah satu indikator calon tamu untuk memilih akan menginap dihotel mana. 

Jadi menyediakan amenities yang berkualitas dan mungkin berbeda dengan hotel-hotel lain bisa menjadi unique selling point yang membedakan antara hotel satu dengan hotel yang lain.

Jadi amenities adalah salah satu media yang bisa dijadikan sebagai marketing strategi oleh departement sales marketing ketika melakukan penjualan kamar.

Jenis-Jenis Amenities Hotel

Secara umum ada 3 jenis amenities yang mungkin sudah familiar juga buat kamu.

Apa saja?

Yuk simak selengkapnya pada artikel di bawah ini.

Guest Room Amenities

Merupakan peralatan yang disediakan pihak hotel di ruang tamu, dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti diantaranya:

  • Map Folder (untuk tempat brosur hotel, peta lokasi, menu, SOP, dll)
  • Paper (untuk mencatat pesanan, no.telfon, dll)
  • Guest Comment (untuk memberikan review atau pendapat  terhadap hotel serta kritik dan saran)
  • Pulpen (untuk menulis di writing paper atau memo)

Room Service Amenities

  • Mug and tray
  • 2 Creamer
  • 2 tea
  • 2 coffee
  • 2 Tea spoon
  • 4 Sugar
  • 1 Mineral water
  • Box Coffee Maker
  • Chocolate
  • TV
  • Goblet
  • Minibar List
  • Red Label mini
  • Telephone
  • TV Chanel Program List
  • Memo pad
  • IDD Telephone
  • Newspaper
  • Laundry Bag
  • Laudry List
  • Laundry Basket
  • Mirror
  • Hangers
  • Sandal Hotel

Bathroom Amenities

Nah kalau yang satu ini biasanya kamu sering temuin di kamar mandi. Contoh :

  • Shower room
  • Toilet bowl sit
  • Wash basin
  • Mirror
  • Vanity lamp
  • Sabun
  • Hairdryer
  • Razor
  • 2 mineral water
  • Amenities box
  • 2 Shower cap
  • 2 Tooth brush
  • 2 Cotton bud
  • Sanitary bag
  • 1 Nail fail
  • 2 Shampoo
  • 2 Shower gel
  • 2 Body lotion
  • Sewing kit
  • Shoes shine
  • Tissue Box
  • Face Towel
  • Hand Towel
  • Bath Towel
  • Bath mat
  • Soap disk
  • Line Hanger
  • Tissue roll
  • Wastebasket

Amenities apa saja yang boleh dibawa pulang?

Nah sebagai tamu hotel, bukan hal yang tabu lagi ketika akan check out kita ingin membungkus beberapa amenities untuk dibawa pulang.

Ya kan?

Tapi pada dasarnya memang ada amenities yang bisa dibawa pulang dan ada yang tidak. Apa saja? Ini Contohnya:

  • Dental kit / pasta dan sikat gigi
  • Shower Cap
  • Mousturizer
  • Sisir
  • Cotton Bud
  • Sabun
  • Shower gel
  • Sampo
  • Kondisioner
  • Sendal hotel
  • Kopi dan teh
  • Air mineral
  • Stationery / pulpen dan notepad

Amenities yang tidak boleh dibawa pulang

  • Hair dryer
  • Handuk
  • Piyama mandi
  • Hanger
  • Setrika
  • Cutlery
  • Ketel listrik dan cangir
  • Lampu
  • Alarm
  • Lampu tidur
  • Kursi
  • TV
  • Telepon
  • Remot
  • Lukisan
  • Bohlam lampu
  • Bantal, sprei, bedcover


WARNING !!!

SOP Front Office

Panduan Lengkap Untuk Menjadi Profesional di Hotel Berbintang 


🔥 Siap Berkarier di Dunia Perhotelan? ðŸ”¥

Bagi siswa sekolah perhotelan, karyawan magang, dan pekerja junior di Front Office, memahami SOP (Standar Operasional Prosedur) adalah kunci sukses untuk menjadi profesional di industri hotel. 

Kami telah menyiapkan E-book "Standar Operasional Prosedur (SOP) Front Office Operation" ini dirancang untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan keterampilan praktis agar dapat bekerja sesuai standar industri perhotelan.


📌 Apa yang Anda Dapatkan?
✅ Panduan lengkap tentang tugas dan tanggung jawab di Front Office
 Langkah-langkah operasional dari check-in hingga check-out
 Standar layanan tamu untuk menciptakan pengalaman mengesankan
 Checklist dan materi training untuk meningkatkan keterampilan kerja

💼 Untuk Siapa Panduan Ini?
 Siswa perhotelan yang ingin memahami operasional Front Office sebelum terjun ke dunia kerja
 Karyawan magang dan junior yang ingin bekerja lebih profesional dan siap bersaing
 Front Office Manager yang membutuhkan materi training untuk meningkatkan kualitas timnya


🚀 Upgrade Skill Anda, Tingkatkan Karier Anda!
Jangan biarkan kesempatan ini lewat begitu saja ! 

Dapatkan file PDF eksklusif ini dan kuasai standar profesional Front Office dengan klik http://lynk.id/jobmate/4rl1rdojy12y/checkout

Dengan SOP ini, Anda akan lebih siap menghadapi tantangan di industri hotel dan menjadi talenta yang dicari oleh perusahaan perhotelan.


SEGERA UP DATE PENGETAHUANMU

Silahkan check di sini http://lynk.id/jobmate/4rl1rdojy12y/checkout


🔹 Siapkan masa depan Anda sekarang! 

Dapatkan e-book ini dan jadilah profesional Front Office yang handal! 🔥


SELAMAT BELAJAR....

SUKSES BUKANLAH PEMBERIAN

SUKSES MU ADALAH DARI KERJA KERASMU....



Status Kamar Hotel yang Paling Banyak Digunakan Lengkap dengan Keterangannya

 Status Kamar Hotel yang Paling Banyak Digunakan Lengkap dengan Keterangannya

 

Status Kamar Hotel -Banyak orang bilang, kerja di hotel itu enak ya? Pakai jas, dasi, handle orang-orang penting dan dapat komisi berupa Service Charge yang tinggi.

Memang mindset seperti itu masih melekat di pikiran masyarakat umum. Padahal ketika terjun langsung di dunia perhotelan, tidak seindah bayangan tersebut. 

Sama halnya bekerja di industri lain, ada banyak hal yang harus kita pelajari dan pahami sebelum terjun ke lapangan.

Mulai dari sistem, budaya kerja,dan khususnya di hotel yang paling penting untuk kita tahu di awal adalah kode status kamar yang ada di hotel.

Ini sangat penting karena status kamar ini akan berkaitan dengan tindakan apa yang akan di lakukan terhadap kamar tersebut.

Kode Status Kamar Hotel

Status kamar hotel adalah tanda yang dibuat oleh Room Attendant untuk menggambarkan keadaan kamar hotel yang sedang terjadi saat itu.

dan digunakan untuk memudahkan team operasional untuk mengidentifikasi tindakan apa yang harus diterapkan untuk kamar tersebut.

Status kamar ini akan muncul di property management system (PMS) dan bisa dilihat oleh semua team di hotel tersebut.

Berikut ini adalah beberapa status kamar yang umum kita temui ketika kita bertugas di hotel. Untuk kamu yang baru mempelajari tentang perhotelan, bisa catat ini ya:

Status Kamar Hotel:

1. VC = Vacant Clean

Kamar dalam keadaan kosong dan sudah bersih

2. VD = Vacant Dirty

Kamar dalam keadaan kosong tapi masih dalam keadaan kotor

3. Status kamar VR = Vacant Ready

Kamar sudah bersih dan siap untuk di jual

4. OC = Occupied Clean

Kamar sudah terisi tamu dan sudah dibersihkan oleh room attendantd

5. OD = Occupied Dirty

Kamar sudah terisi tamu tapi team room attendant belum membersihkannya

6. DND = Do Not Disturb / DD = Don’t Disturb

Tamu dalam kamar tersebut tidak ingin di ganggu. Kode status hotel ini ada juga yang menggunakannya DD saja.

7. OOS = Out of Service

Kamar dalam perbaikan

8. OOO = Out of Order

Kamar dalam perbaikan dan biasanya berlangsung lama. Kerusakan mungkin terjadi cukup serius untuk kamar ini dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Dalam kondisi OO biasanya akan mengurangi availability

9. EA = Expected Arrival

List nama-nama tamu yang akan check in dan sudah berisi nomor kamar

10. ED = Expected Departure

List nama-nama tamu yang akan check out di hari tersebut.

11. C/I = Check in

Tamu yang sudah tiba di hotel dan melengkapi semua administrasi sebelum masuk kamar

12. C/O = Check Out

Tamu yang sudah melunasi semua pembayaran dan sudah meninggalkan hotel

13. DU = Day Use

Istilah untuk tamu yang check in di satu kamar tapi akan check out di hari itu juga sebelum Night di jalankan

14. SO = Sleep out

Tamu yang sudah memesan kamar tapi tidak tidur di kamar tersebut (tamu tidak tidur di hotel).

15. COMP = Compliment

Tamu yang stay tapi tidak dikenakan biaya kamar (Free). Ini biasanya tamu-tamu dari media untuk kebutuhan marketing, tamu dari owner hotel atau keluarga owner.

16. WIG = Walk in guest

Kamar yang ditempati oleh tamu yang langsung datang ke hotel dan booking di hari itu juga. Dengan kata lain tanpa melakukan reservasi di awal.

17. VIP = Very Important Person

Artinya dalam kamar ini di isi oleh seseorang yang cukup penting atau fublic figure. Contohnya Pejabat, Artis, dan lain-lain.

Dibutuhkan pelayanan yang special juga untuk handle tamu yang ada di kamar dengan sign VIP.

18. HU = House Use

Istilah ini digunakan ketika status kamar yang ditempati oleh staf atau pegawai hotel. Bisa juga berarti : kode/status kamar hotel yang ditempati oleh general manager hotel.

19. Stay Over

Tamu telah memutuskan untuk tidak jadi Check out, dan akan stay paling tidak satu malam.

20. Cleaning in Progress

Room Attendant sedang dalam proses pembersihan kamar.

21. SO = Sleep Out

Status kamar hotel selanjutnya adalah Sleep Out. Artinya tamu hotel yang sudah memesan kamar dan menyelesaikan administrasi namun tidak tidur di kamarnya.

22. OQ = On Queue

Tamu telah tiba di hotel, tetapi kamar yang disediakan belum siap. Dalam kasus seperti itu, kamar ditempatkan pada status Antrian agar staf tata graha memprioritaskan kamar tersebut terlebih dahulu.

23. Skip = Skipper

Tamu telah meninggalkan hotel tanpa membuat pengaturan untuk melunasi akunnya.

24. LO = Lock Out

Kamar telah dikunci sehingga tamu tidak dapat masuk kembali sampai dia dibersihkan oleh petugas hotel.

25. DNCO = Did not Check Out

Tamu membuat pengaturan untuk melunasi tagihannya (dan dengan demikian bukan termasuk skipper), tetapi ia justru telah pergi tanpa memberi tahu Front Office.

26. DO = Due Out

Kamar diharapkan menjadi kosong setelah tamu berikut check-out.

27. LCo = Late Checkout

Tamu telah meminta dan diizinkan untuk check-out lebih lambat dari waktu keluar normal/standar hotel.

28. EC = Early Checkin

Tamu telah meminta untuk Check-in Awal dan diizinkan untuk check-in lebih awal dari waktu check-in normal/standar hotel.

29. V/C or O/V = Status Unclear

(Baik ruangan kosong dan bersih atau dihuni atau kosong) perlu diverifikasi oleh staf Housekeeping.

30. VCI = Vacant, Cleaned and Inspected

Kamar Kosong, Dibersihkan dan Diperiksa oleh Housekeeping Supervisor.

31. H/L = Heavy Luggage

Tamu membawa barang bawaan yang lebih berat dari kondisi normal.

32. L/L = Light Luggage

Tamu dengan bawang bawaan yang sangat ringan.

33. N/L = No Luggage

Tamu datang dengan tanpa membawa barang bawaan.

34. DL = Double Lock

Tamu telah meletakkan kunci ganda di kamar.

35. CL = Chain Lock

Tamu memasang kunci rantai di kamar hotel.

36. NCI = Newly Checked In

Kamar sudah di periksa dalam waktu 1-2 jam terakhir.

37. NS = No Show

Tamu yang melakukan reservasi kamar tetapi tidak melakukan registrasi atau Check-in.

38. SR = Service Refused

Istilah ini digunakan jika room attendant hendak membersihkan kamar, namun tamu menolak untuk dibersihkan kamarnya.

39. V = Vacant

Istilah ini menunjukkan status kamar sedang dalam keadaan kosong

40. MUR = Make-Up Room

Melakukan pekerjaan pembersihan kamar tamu setelah tamu chek-out maka dibersihkan kembali agar tamu yang baru datang untuk menginap lagi bisa beristirahat dengan tenang, nyaman dan aman.

41. PMR = Please Make up Room

Artinya, tamu meminta kamarnya dibersihkan

42. ONL = Occupeid no Luggage

Istilah atau status kamar hotel yang satu ini artinya seorang tamu yang masih teregister pada suatu kamar tanpa suatu barang apapun di dalamnya.

43. OOO = Out of Order

Beberapa kamar hotel masih dalam proses maintenance yang menyebabkan berkurangnya Room Availabilty.

44. DL = Double Lock

Tamu hotel meminta tambahan pengaman dobel, agar lebih aman.

45. O = Occupied

Status kamar hotel yang menunjukkan kamar ditempati oleh tamu yang sah dan telah teregister.

Itulah beberapa jenis sitilah dan kode status kamar hotel atau hotel room status yang secara umum sering digunakan dalam sebuah hotel.

Tentunya dengan tau istilah-istilah tersebut pihak housekeeping dan juga front office akan lebih gampang untuk berkoordinasi


WARNING !!!

SOP Front Office

Panduan Lengkap Untuk Menjadi Profesional di Hotel Berbintang 


🔥 Siap Berkarier di Dunia Perhotelan? ðŸ”¥

Bagi siswa sekolah perhotelan, karyawan magang, dan pekerja junior di Front Office, memahami SOP (Standar Operasional Prosedur) adalah kunci sukses untuk menjadi profesional di industri hotel. 

Kami telah menyiapkan E-book "Standar Operasional Prosedur (SOP) Front Office Operation" ini dirancang untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan keterampilan praktis agar dapat bekerja sesuai standar industri perhotelan.


📌 Apa yang Anda Dapatkan?
✅ Panduan lengkap tentang tugas dan tanggung jawab di Front Office
 Langkah-langkah operasional dari check-in hingga check-out
 Standar layanan tamu untuk menciptakan pengalaman mengesankan
 Checklist dan materi training untuk meningkatkan keterampilan kerja

💼 Untuk Siapa Panduan Ini?
 Siswa perhotelan yang ingin memahami operasional Front Office sebelum terjun ke dunia kerja
 Karyawan magang dan junior yang ingin bekerja lebih profesional dan siap bersaing
 Front Office Manager yang membutuhkan materi training untuk meningkatkan kualitas timnya


🚀 Upgrade Skill Anda, Tingkatkan Karier Anda!
Jangan biarkan kesempatan ini lewat begitu saja ! 

Dapatkan file PDF eksklusif ini dan kuasai standar profesional Front Office dengan klik http://lynk.id/jobmate/4rl1rdojy12y/checkout

Dengan SOP ini, Anda akan lebih siap menghadapi tantangan di industri hotel dan menjadi talenta yang dicari oleh perusahaan perhotelan.


SEGERA UP DATE PENGETAHUANMU

Silahkan check di sini http://lynk.id/jobmate/4rl1rdojy12y/checkout


🔹 Siapkan masa depan Anda sekarang! 

Dapatkan e-book ini dan jadilah profesional Front Office yang handal! 🔥


SELAMAT BELAJAR....

SUKSES BUKANLAH PEMBERIAN

SUKSES MU ADALAH DARI KERJA KERASMU....